Cara Menghilangkan Sariawan

Sebelum membahas tentang cara mengobati sariawan dengan cepat adakalanya kita mengetahui apa itu sariawan. Sariawan dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah stomatitis, diartikan sebagai inflamasi atau peradangan pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, lidah, dan langit-langit mulut. Inflamasi atau peradangan pada sariawan bisanya dimulai dengan jaringan mukosa yang memerah, lalu terbentuklah ulkus atau luka atau tukak, luka sariawan bisa berbentuk bulat, oval, bisa juga tak beraturan dan memiliki tepi yang berbatas tegas.


Sariawan walaupun lukanya terlihat kecil dan sepele, tetapi rasa sakitnya bisa sangat mengganggu terutama saat makan, berbicara, gosok gigi, dan cendrung menimbulkan bau mulut tak sedap, agar tidak bau mulut alangkah baiknya menyimak ulasan tentang cara menghilangkan bau mulut. Oleh karena itu, secepatnya mengobati sariawan dianggap sangat perlu, terutama menghilangkan rasa sakitnya. Walaupun sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya namun agak lama.Ada beberapa faktor penyebab munculnya sariawan, diantaranya.

Faktor Penyebab Sariawan

  • Kekurangan vitamin C dan zat besi.
  • Faktor psikologi dalam tubuh seseorang dan tubuh dalam kondisi tidak fit.
  • Alergi.
  • Mulut yang tergigit secara sengaja maupun tak sengaja
  • Kelainan pencernaan.
  • Sering mengkonsumsi makanan pedas atau minuman panas.
  • Kesehatan mulut yang tidak terjaga seperti jarang menggosok gigi.

Sekarang mari kita ulas cara mengatasi sariawan secara alami

Cara Menyembuhkan Sariawan

  1. Air kelapa
  2. Air kelapa dapat menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh kita. Air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

  3. Berkumur menggunakan air garam
  4. Buat air hangat terlebih dahulu. Kemudian campurkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari. Kandungan yang terdapat dalam garam dapat menarik cairan luka sariawan. Berkumur menggunakan air garam dapat juga untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang.

  5. Konsumsi buah-buahan
  6. Anda bisa memakan jeruk ataupun buah-buahan lainnya. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat untuk menyembuhkan sariawan.

  7. Baking soda
  8. Baking soda dapat menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Caranya, campurkan baking soda dengan air lalu gunakan untuk berkumur. Anda juga dapat membuat baking soda menjadi pasta. Caranya, campurkan baking soda dengan garam kemudian tambahkan sedikit air. Oleskan pasta yang sudah dibuat tersebut pada luka sariawan dan tunggu sekitar 10 - 15 menit, kemudian basuh sampai bersih dengan air.

  9. Daun jambu biji
  10. Daun jambu biji sudah dikenal bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Namun, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan. Caranya, kunyahlah beberapa lembar daun jambu biji lalu berkumur.

  11. Madu
  12. Madu dapat juga digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya sangat mudah, oleskan madu murni pada luka sariawan tersebut dan minum madu 3 kali sehari 2 sendok makan. Lakukan cara menggunakan madu ini secara rutin.

  13. Yoghurt
  14. Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Hal ini karena yoghurt mengandung acidophilus hidup. Dengan begitu dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

  15. Kunyit
  16. Kunyit selain dijadikan sebagai rempah-rempah atau bumbu masak. Kunyit bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Buat pasta dari kunyit. Cuci kunyit sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan 1 sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Gliserin dapat mudah ditemukan di supermarket atau apotek. Selanjutnya oleskan pada bagian luka sariawan.

  17. Minyak Kelapa dan Madu
  18. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri. Caranya, campurkan minya kelapa dengan madu kemudian oleskan pada bagian luka sariawan. Untuk langkah ini, alangkah baiknya dilakukan pada saat hendak tidur.

Demikianlah yang bisa disampaikan tentang ulasan cara obati sariawan, Jika ulasan ini sangat bermanfaat, silahkan share, mungkin teman teman anda juga membutuhkan. Masih banyak lagi ulasan seputar kesehatan, kecantikan, dan lain lain di Caraludih